-->
Pesona Taman Laut Manado - Wisata Bunaken

Pesona Taman Laut Manado - Wisata Bunaken

Wisata Bunaken ialah sesuatu tempat wisata di Manado paling terpopuler. hitungan kunjungan wisata ke Bunaken Manado ini memperlihatkan tren yang menaik tahun demi tahun. Data statistik menuliskan di akhir Agustus 2012, hitungan kunjungan wisata Bunaken mencapai 21889. dari dalam negeri serta 7850. dari luar negeri. Rata-rata, tempat wisata Bunaken di Manado ini dikunjungi lebih dari 35 ribu orang tiap tahun. Keindahan terumbu karang serta surga bawah laut di Bunaken Manado ialah keunggulan komparatif yang paling memikat dari sebanyak spot penyelaman yang adanya di dunia. Wisata Bunaken Manado ini ialah salah satu yang terbaik di Indonesia, di samping Raja Ampat Papua serta Pulau Weh di Sabang.
Taman Laut Bunaken berada di kawasan Teluk Manado, secara geografis Berposisi di sebelah utara Sulawesi. Bersama dengan Pulau Siladen serta Pulau Mantehage, Taman Laut Bunaken membentuk sesuatu Taman Nasional Bunaken Manado yang sudah diresmikan pemerintah RI sebagian tahun lalu.

Pesona Taman Laut Bunaken

Terumbu karang di alam bawah laut Bunaken ialah area serius dari kekuatan wisata Bunaken. Terumbu karang ini menjadi tempat hidup 2000. jenis ikan serta berbagai biota laut. Spesies ikan yang umum ditemui ialah wrase, dansel, trigger, sweetlip, unicorn, serta sebagainya. Karakter unik Taman Laut Bunaken ialah kedalaman lautnya yang mencapai hingga 1000 m. Pada area dalam laut, Anda bisa menyaksikan beragam jenis ikan besar, adanya ikan tuna, marlin, hiu kepala palu, pari, layar, cakalang, barakuda, lumba-lumba, hingga paus. bila Anda beruntung, bahkan Anda bisa menatap spesies ikan yang tergolong kuno serta hampir punah, layaknya dugong, kura-kura, serta ikan raja laut (coelacanth).

Karakteristik alam bawah laut di Bunaken ialah ada Underwater Great Walls, atau dikatakan juga hanging walls, yang maknanya dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal serta melengkung ke atas setinggi 25-50 m. Dinding karang ini adalag asal pati makanan bagi ikan-ikan di kawasan Teluk Manado.

Snorkel serta Diving di Bunaken

Ada banyak tempat persewaan alat snorkel serta diving di Bunaken, harga mulai dari Rp 150 ribu per orang per hari. Rata-rata, harga penyewaan alat telah fixed serta berlaku setara di beragam tempat penyewaan di Bunaken. Sebagai gambaran, dengan Rp 150 ribu Anda akan menemukan peralaan snorkel layaknya masker, sepatu katak, serta wetsuit. Untuk mengambil foto-foto di bawah laut, Anda juga bisa membayar sebesar Rp 350 ribu. buat menemukan pemandu snorkel, Anda akan dikenai biaya yang setara besarnya dengan biaya sewa peralatan snorkel. bila Anda belum pernah atau belum habit menyelam (diving), tersebutkan pemandu akan siap mengajari Anda teknik-teknik menyelam Akitivitas Lain Wisata Bunaken.

Sebenarnya, cuma dengan berjalan kaki mengelilingi pantai di Bunaken saja telah menjadi pembelajaran yang menarik. Sebab, tempat wisata di Manado ini jelas jelas mempunyai panorama pantai yang indah. Air lautnya yang kehijauan, panorama alam sekitar laut di Bunaken akan tidak membawa aura yang kuat bagi Anda. bila Anda suka jalan-jalan mengarungi lautan Bunaken, tersebutkan Anda bisa menaiki Katamaran, yaitu sesuatu kapal berkaca yang disewakan di lepas pantai Pulau Bunaken.

Katamaran ini berdinding kaca, dengan demikian Anda bisa menikmati keindahan bawah laut Bunaken. disamping Katamaran, adanya juga kapal selam Blue Banter yang cuma akan beroperasi saat air laut pasang. jelas saja saja, Anda sesegera mungkin merogoh kocek yang cukup banyak buat bisa mengambil pembelajaran wisata bahari ini. Namun, nikmatnya akan sepadan dengan biayanya! aktivitas wisata yang demikian juga bisa Anda jumpai di tempat wisata Pulau Siladen di Manado Tiket Masuk Wisata Bunaken.

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Taman Laut Bunaken, Anda sesegera mungkin mempunyai gejala masuk serta tiket Pulau Bunaken yang bisa didapati di kota Manado atau juga langsung di Taman Nasional Bunaken. Harga tiket masuk wisata Bunaken ialah Rp 2 ribu per orang per hari buat wisatawan dalam negeri. sementara bagi wisatawan asing, harga tiket masuk Bunaken ialah Rp 50 ribu per orang per hari atau bisa langsung dibeli buat satu tahun sebesar Rp 150 ribu per tahun.

Transportasi dari/ke Bunaken Manado 

Akses transportasi menuju tempat wisata Bunaken Manado amat gampang. Bandara Sam Ratulangi melayani rute penerbangan langsung dari serta ke luar negeri, layaknya ke Singapura, Manila, Kuala Lumpur, serta Davao di Filipina. Terminal penumpang di bandara ini juga telah mempunyai fasilitas penunjang berstandar internasional. buat menuju kota Manado, Anda bisa memakaikan taksi dengan biaya Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu dari bandara tersebut.

Sedangkan metode menuju ke Pulau Bunaken dari kota Manado, adanya dua choices tempat berangkat, yaitu dari Pasar Bersehati atau dari Marina. Tarif sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken sekitar Rp 300 – 400 ribu. Tarif akan lebih mahal bila Anda berangkat dari Marina, yaitu berkisar Rp 600 – 800 ribu. Alternatif lainnya, Anda bisa memakaikan kapal tradisional dengan biaya cuma Rp 50 ribu per orang. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken akan memakan masa sekitar 30 menit.

Jika Anda hendak langsung ke lokasi penyelaman di Pulau Bunaken, tersebutkan akan memerlukan masa sekitar 20 menit. bila Anda berangkat dari Marina, Anda akan menaiki kapal pesiar, serta inilah Karena mengapa biayanya lebih besar, serta menempuh trip sepanjang 10-15 menit buat bisa sampai di Pulau.

Bunaken Penginapan serta Hotel di Bunaken 

Tentu saja Anda bisa jadi tertarik menelusuri penginapan atau hotel murah di Bunaken. Namun, sesungguhnya Anda bisa memilih buat menginap di kota Manado atau di Bunaken. bila pilihannya di kota Manado, tersebutkan akan terkandung banyak choices penginapan, mulai dari hotel melati berbiaya Rp 100 ribu per malam hingga hotel bintang lima dengan tarif jutaan rupiah per malam. Jika Anda ingin menginap di Pulau Bunaken, Anda bisa mengambil cottage atau rumah tinggal yang banyak tersedia di selama pantai di sana. Harga sewa cottage bervariasi, bergantung dengan jarak cottage ke lokasi taman laut. makin dekat lokasi cottage dengan taman laut, tersebutkan makin mahal harga sewanya.

Lazimnya, harga sewa dihitung per orang di sana. kurang lebihnya besarnya biaya sewa cottage di Bunaken ialah berkisar Rp 150 ribu hingga 350 ribu per orang per malam. Harga tersebut telah diantaranya makan 3 kali sehari dengan menu dominan seafood.

Sumber: Diambil dari berbagai situs
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments